Obat tradisional batuk pilek dengan cara ini

Obat tradisional batuk pilek – Batuk pilek merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik bayi hingga orang tua. Bahkan setiap orang mengalaminya berkali – kali dalam setahun. Hal ini berkaitan dengan musim atau cuaca. Namun masih banyak orang yang mengatakan bahwa mengobati penyakit ini dengan obat – obat berbahan kimia tidak benar – benar ampuh.

Penyakit batuk pilek merupakan penyakit yang bisa menular dan dapat mengganggu aktivitas sehari – hari. Aktivitas pernapasan pun terganggu dikarenakan pada lubang hidung terdapat lendir akibat pilek. Belum lagi batuk yang harus diderita.

Mau tahu cara pengobatan yang ampuh, efektif, dan aman? Simaklah artikel berikut ini yang akan memberikan beberapa solusi pengobatan alami menggunakan obat tradisional batuk pilek yang dapat Anda terapkan dirumah.

Penderita batuk pilek

Sebelum menjelaskan mengenai beberapa obat tradisional batuk pilek, artikel ini akan memberikan informasi mengenai penderita batuk pilek. Berikut ulasannya.

Batuk pilek ibu hamil

Salah satu keluhan pada ibu hamil yaitu batuk pilek. Namun jika salah menggunakan obat pada ibu hamil, pertumbuhan pada bayi dalam kandungan dapat terganggu. Hal ini dikarenakan kandungan masih sensitif terhadap bahan kimia dari obat. Namun Anda tidak perlu khawatir, hal ini bisa diobati dengan dengan obat tradisional batuk pilek untuk ibu hamil.

Batuk pilek bayi

batuk pilek juga bisa diderita oleh ratusan bayi tiap tahunnya. Terutama jika bayi memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Hal ini juga bisa disebabkan oleh infeksi virus memlaui kontak yang terinfeksi atau terkontaminasi dari luar. Pemberian obat batuk pilek untuk bayi tidak disarankan, karena akan menyebabkan efek samping yang fatal. Hal ini bisa diobati dengan obat tradisional batuk pilek bayi.

Batuk pilek bayi 0 – 6 bulan

Jika bayi Anda yang berusia 0 – 6 bulan mengalami batuk pilek, jangan terburu – buru untuk memberikan obat. Telah dijelaskan diatas, sistem kekebalan tubuh pada bayi masih lemah. Jadi pemberian obat pada bayi 0 – 6 bulan akan membahayakan karena obat mungkin memiliki efek samping. Tips yang bisa dilakukan untuk mengobati batuk pilek pada bayi, seperti:

  • Memberikan ASI. Kandungan yang ada pada ASi dapat meningkatkan sistem imun bayi, sehingga dapat memperkecil risiko terjadinya infeksi.
  • Menjemur bayi. Sinar matahari pagi dapat membantu mengencerkan lendir dan membasmi bakteri, virus, dan jamur.
  • Hal lain yang bisa dilakukan ialah diobati dengan obat tradisional batuk pilek untuk bayi 0 – 6 bulan.

Batuk pilek bayi 1 bulan

seorang bayi berusia 1 bulan memanglah sangat rentan terhhadap penyakit. Hal ini dikarenakan faktor kekebalan tubuh pada bayi yang masih stabil. Salah satu penyakit yang menyerang pada bayi 1 bulan ialah batuk pilek. Hal ini bisa diobati dengan obat tradisional batuk pilek untuk bayi 1 bulan.

Batuk pilek bayi 3 bulan

Anda juga tidak bisa sembarangan memberi obat batuk pilek pada bayi yang berusia 3 bulan. Obat yang mengandung bahan kimia juga tidak disarankan untuk diberi pada si bayi. Hal ini bisa diobati dengan obat tradisional batuk pilek untuk bayi 3 bulan.

Batuk pilek bayi 4 – 7 bulan

Batuk pilek yang dialami bayi berusia 4 – 7 bulan sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya. Dikarenakan bayi disarankan untuk tidak diberi obat berbahan kimia, jadi hal ini bisa di obati dengan obat tradisional batuk pilek untuk bayi 4 – 7 bulan.

Batuk pilek bayi di atas 1 tahun

Jika anak Anda berusia di atas satu tahun mengalami batuk pilek, juga bisa diobati dengan obat tradisional batuk pilek untuk anak 1 tahun keatas. Penggunaan obat kimia apada anak akan memberikan efek yang cukup berbahaya terhadap anak.

Obat tradisional batuk pilek dengan cara sederhana

Berikut beberapa cara mengobati batuk pilek menggunakan obat tradisional mengatasi batuk pilek.

Banyak minum air

Saat menderita batuk flu, sangat diperlukan cairan untuk mengganti cairan dalam tubuh pada ibu hamil. Tetapi hindari meminum air dingin, untuk menjaga kekebalan tubuh si ibu hamil.

Masala teh

Teh ini berasaal dari India yang terdiri – dari daun herbal, cengkeh, dan lainnya. Obat tradisional ini merupakan obat bagi ibu hamil untuk mengobati rasa dingin pada ibu hamil.

Lemon

Kandungan vitamin C yang ada pada lemon bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk menghadapi dingin dan flu. Anti bakteri dan anti inflamasi pada lemon juga dapat mengurangi gejala batuk pilek bayi, seperti sakit tenggorokan, hidung berair, dan batuk.

Cara pembuatan:

  • Masukkan air, 4 buah kulit lemon, dan 1 sdm irisan jahe ke dalam panci.
  • Tambahkan air mendidik yang cukup.
  • Tutup dan diamkan selama 10 menit.
  • Saring air tersebut.
  • Cairkan cairan yang jumlahnya sama dengan air hangat.
  • Tambahkan madu mentah (di atas satu tahun) atau gula (kurang dari satu tahun) untuk menambah rasa.
  • Minumkan pada bayi beberapa kali dalam sehari.

Madu

kandungan anti bakteri dan anti oksidan yang dimiliki madu, dapat meningkatkan kekebalan, seperti menenangkan batuk, meredakan sakit tenggorokan, dan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Cara pembuatan:

  • Campurkan 2 sdt madu mentah dan 1 sdt air lemon. Berikan pada bayi yang berusia di atas 1 tahun, dikarenakan madu mengandung bakteri yang menyebabkan botulisme infantile.
  • Memberikan bayi Anda satu sendok madu soba sehari beberapa kali.
  • Memberikan susu hangat dengan madu (meredakan batuk kering dan rasa sakit pada dada.

Sup ayam hangat

Untuk anak diatas 1 tahun dan ibu hamil, sup ayam dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk pilek. Selain ringan dan bergizi, kandungan antioksidan pada sup ayam hangat dapat menyembuhkan hidung tersumbat. Selain itu, sup ini dapat meningkatkan fungsi silla di rongga hidung untuk mencegah penularan yang masuk ke dalam tubuh.

Cara pembuatan:

Membuat sup ayam dengan bahan seperti ayam dan sayur organik (wortel, buah bit, dan bayam. Sup ini bisa diberikan pada bayi sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Jeruk

Kandungan vitamin C pada jeruk dapat membantumeningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan dlu akibat kuman penyakit. Selain itu, jeruk juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi sakit batuk, tenggorokan, dan pilek.

Cara pembuatan:

  • Untuk anak umur 2 tahun dan diatasnya, obat tradisional batuk pilek menggunakan jeruk bisa memberikan jeruk berupa jus 1 atau 2 gelas setiap hari.
  • Untuk bayi, obat tradisional batuk pilek bisa menggunakan jus jeruk yang diencerkan dengan jumlah yang sama menggunakan air hangat. Berikan pada bayi dengan jarak waktu teratur.
  • Untuk anak – anak, obat tradisional batuk pilek bisa langsung memakan jeruk agar asupan vitamin C mereka meningkat.

Jahe

Jahe juga merupakan obat tradisional yang populer untuk mengobati batuk pilek. Hak ini dikarenakan jahe memiliki kandungan antivirus, antitusif (penekan batuk), dan anti inflamasi. Jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat mempercepat pemulihan.

Cara pembuatan:

  • Masukkan 6 gelas air, setengah cangkir irisan jahe, dan 2 batang kayu manis ke dalam panci.
  • Panaskan diatas kompor dengan api kecil selama 20 menit.
  • Saring air rebusan tersebut.
  • Tambahkan madu (anak diatas 1 tahun) atau gula ( dibawah 1 tahun).
  • Berikan pada anak secara teratur.

Air garam

Berkumur – kumur dengan air garam merupakan cara sederhana meredakan batuk pilek. Mencampurkan air hangat dan garam dapat membantu melembabkan tenggorokan. Selain itu Anda juga bisa mencampurnya dengan kunyit, jahe, kencur, atau cuka apel. Dengan bahan tersebut, obat tradisional batuk pilek ini dapat membersihkan bakteri yang ada pada mulut penyebab batuk pilek.

Itulah beberapa alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mengobati batuk pilek menggunakan obat tradisional batuk pilek. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

sadung01 :