Obat Alami Keputihan yang Paling Ampuh

Posted on

Obat Alami Keputihan yang Paling Ampuh – Sebagai wanita, pernahkah Anda mengalami keputihan? Ya, wayoritas wanita pasti pernah mengalami hal ini. Keputihan ini merupakan gejala keluarnya cairan dari organ intim wanita selain darah haid. Namun banyak wanita yang meremehkan masalah keputihan karena tidak mengetahui seluk beluk tentang keputihan ini.

obat alami keputihan

Mengenal Lebih dalam Tentang Keputihan

Sebenarnya keputihan merupakan masalah bagi wanita yang harus diatasi dengan tepat. Aroma busuk, rasa gatal, rasa nyeri, dan lainnya, tentu sangat mengganggu. Untuk mengobati keputihan, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu diobati dengan obat alami keputihan. Alam sudah menyediakan obat untuk segala macam penyakit selain keputihan, penyakit yang mudah untuk diobati dengan bahan alami yaitu asam lambung naik.

Berikut ini merupakan kategori keputihan yang Anda ketahui, seperti:

Obat Alami Keputihan setelah melahirkan

Jika Anda mengalami keputihan setelah melahirkan, Anda tidak perlu begitu khawatir. Para ahli mengatakan bahwa, keputihan yang dialami setelah melahirkan merupakan keputihan yang normal. Beberapa studi menyebutkan, keputihan yang terjadi setelah proses melahirkan disebabkan oleh hormon yang naik turun. Beberapa tanda jika keputihan setelah melahirkan itu normal, ialah keputihan yang encer dan tidak berbau.

Jika keputihan abnormal, keputihan cenderung lebih kental dan berbau busuk. Keputihan setelah melahirkan bisa diobati dengan obat alami keputihan setelah melahirkan.

Keputihan saat hamil

Perubahan hormon saat hamil juga bisa mengeluarkan berbagai cairan organ intim wanita seperti keputihan. Keputihan pada saat hamil bisa diakibatkan oleh perubahan hormonal yang terjadi atau bisa juga disebabkan oleh hal lain seperti bakteri, jamur, parasit, atau virus. Pengaruh hormon ini mengakibatkan cairan organ intim juga meningkat yang disebabkan oleh aliran darah pada daerah kewanitaan.

Namun tidak semua cairan vagina berguna bagi ibu hamil. Kadang cairan vagina tersebut telah terkontaminasi oleh bakteri, jamur, parasit, atau virus.

Ciri-ciri Keputihan yang Harus Wanita Ketahui

Ciri-ciri keputihan biasanya berwarna bau-abu, berbau tidak sedap, gatal, dan nyeri pada vagina. Keputihan ini bisa diobati dengan obat alami keputihan saat hamil.

Keputihan gatal dan bau

Jika Anda mengalami keputihan yang gatal dan bau, rasa gatal biasanya disebabkan oleh infeksi jamur atau ragi dan bau busuk dihasilkan oleh keputihan patologis Anda. Keputihan macam ini bisa diobati dengan obat alami keputihan gatal dan bau.

Keputihan berbau

Jika Anda mengalami keputihan berbau, berarti Anda mengalami keputihan abnormal. Keputihan berbau ini bahkan bisa tercium oleh orang sekitar. Keputihan ini bisa diobati dengan obat alami keputihan berbau.

Keputihan karena jamur

Keputihan yang satu ini merupakan kondisi yang sering dialami. Hal ini disebabkan oleh infeksi jamur candida. Infeksi jamur ini dapat menyerang berbagai area tubuh, salah satunya di organ intim. Keputihan karena jamur bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal pada vagina, keputihan berwarna putih dan menggumpal seperti keju, kemerahan dan perih disekitar vagina, nyeri saat berhubungan intim, dan lainnya. Keputihan ini bisa diobati dengan obat alami keputihan karena jamur.

Keputihan yang berlebihan

Keputihan yang dikeluarkan dalam jumlah yang berlebihan bisa dikategorikan menjadi keputihan abnormal. Keputihan yang berlebihan ini dapat menyebabkan suasana pH atau keasaman organ intim menjadi terganggu. Keputihan ini bisa diobati dengan obat alami keputihan yang berlebihan.

Keputihan berwarna kuning

Keputihan yang satu ini biasanya disebabkan oleh infeksi. Apalagi jika disertai dengan rasa gatal, bengkak, bau, dan nyeri pada perut bagian bawah. Penyebab dari keputihan yang berwarna kuning ini seperti adanya bakteri vaginosis, vulvovaginitis, cervicitis, trikomoniasis, dan vagina kandidiasis. Keputihan ini bisa diobati dengan obat alami keputihan berwarna kuning.

Keputihan berwarna coklat

Keputihan yang satu ini biasanya terjadi saat akhir periode menstruasi atau saat masa kehamilan yang warnanya coklat muda hingga coklat tua. Penyebab dari keputihan yang berwarna coklat ini ialah oleh tanda ovulasi, awal masa kehamilan, mendekati masa menopause, ataupun sudah memasuki masa menopause. Penyebab dari keputihan yang berwarna coklat ini seperti pendarahan akibat implantasi janin, atrofi vaginitis, penyakit menural seksual, polip rahim, penyakit inflamasi panggul, dan kanker serviks. Keputihan ini bisa diobati dengan obat alami keputihan berwarna coklat.

Keputihan tidak normal

Keputihan seperti ini merupakan keputihan yang tidak wajar seperti keputihan biasanya. Tanda keputihan ini cukup mudah dengan melihat warna, konsistensi, volume, dan bau yang tidak seperti biasanya. Penyebab keputihan ini biasanya disebabkan oleh infeksi dan non infeksi. Penyebab infeksi seperti bakteri, jamur, dan parasit.

Sedangkan penyebab non infeksi seperti berkaitan dengan benda asing (alat kontrasepsi), atau penyakit lain. Keputihan ini bisa diobati dengan obat alami keputihan tidak normal.

Keputihan patologis

Keputihan yang satu ini terjadi disebabkan adanya penyakit yang menyerang organ wanita, yaitu adanya jamur atau masuknya benda asing ke dalam organ kewanitaan. . Keputihan ini bisa diobati dengan obat alami keputihan patologis.

Obat alami keputihan yang sering digunakan

Berikut ini beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati keputihan.

  • Daun sirih

Dauh sirih merupakan bahan alami yang sudah terkenal untuk membantu mengobati penyakit yang banyak dialami oleh wanita, salah satunya keputihan. Daun sirih memiliki sejumlah kandungan seperti vitamin C, niacin, iboflavin, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak, dan kavikol yang memiliki fungsi untuk mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, serta anti jamur.

Cara pembuatan dan penggunaan:

Rebus air dan daun sirih. Basuh daerah kewanitaan dengan air rebusan tersebut. Lakukan secara teratur. Jangan lakukan terlalu sering agar bakteri baik pada organ kewanitaan tidak terbunuh.

  • Bawang putih

Kandungan allicin yang dimiliki bawang putih memiliki kegunaan sebagai zat anti bakteri dan anti jamur. Jadi bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati keputihan yang tidak normal. Satu suing bawang dapat mengobati keputihan akibat infeksi bakteri atau jamur pada area kewanitaan.

  • Lidah buaya

Kandungan anti bakteri pada lidah buaya memiliki peran untuk mengatasi virus dan bakteri penyebab keputihan. Setidaknya enam antiseptik alami yang dimiliki lidah buaya mampu membunuh jamur, bakteri, dan virus.

Cara pembuatan dan penggunaan:

Kupas lidah buaya kemudian haluskan. Oleskan ramuan tersebut ke daerah kewanitaan. Kemudian diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas bersih dan usap dengan menggunakan handuk basah. Lakukan pengobatan ini rutin sehari sekali.

  • Kunyit

Kandungan Curcuminoid yang tinggi pada kunyit putih, bisa digunakan untuk meringankan dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh peradangan. Contohnya saja keputihan yang dialami wanita.

Cara pembuatan dan penggunaan:

Cara penggunaannya bisa dengan meminumnya rutin setiap hari saat pagi dan petang, atau tiga kali sehari. Minuman bisa dibuat sendiri atau menggunakan bubuk kunyit putih.

  • Daun kemangi

Keputihan gatal dan berbau bisa diobati dengan menggunakan daun kemangi. Kandungan anti bakteri yang ada pada daun kemangi dapat membasmi bakteri penyebab keputihan, kandungan senyawa anetol dan boron dapat merangsang hormone esterogen, dan kandungan eugenol dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

  • Biji ketumbar

Kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin (A, B1, C,) memiliki efek seperti membantu mengobati keputihan.

Cara pembuatan dan penggunaan:

Merendam setengah cangkir biji ketumbar dalam segelar air. Diamkan semalaman. Besok paginya minum air rendaman tersebut sebelum makan ataupun minum di pagi hari.

Itulah beberapa alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mengobati keputihan menggunakan obat alami keputihan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *