Inilah Kekayaan Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat selada air untuk kesehatan – Siapa yang tak kenal dengan sayuran selada air, sayuran ini merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh di air. Biasanya untuk pengolahan dari selada air sangatlah mudah karena selada air dapat dimasak menjadi salad, isi sandwich, lalapan dan juga untuk sayuran campuran didalam sup. Disarankan sebelum kita mengkonsumsi selada air haruslah dicuci hingga benar-benar bersih agar kotoran, dan parasit yang menempel didalamnya dapat hilang dengan sempurna. Didalam selada air tersimpan banyak sekali kandungan penting yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Adapun kandungan yang ada pada selada air antara lain adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, kalori, fitonutrien, kalsium, mangan, flavonoid, dan masih banyak lagi. Untuk manfaatnya sendiri, bisa kita ketahui dengan menyimak informasi lengkap mengenai manfaat selada air untuk kesehatan berikut ini.

manfaat selada air
manfaat selada air

Manfaat selada air bagi kesehatan tubuh ini 15 diantaranya 

  1. Mengurangi Gangguan Kardiovaskular.

Sayuran selada air mengandung kadar lutein yang tinggi, karotenoid antioksidan ini mempunyai kehebatan dalam mencegah munculnya gangguan kardiovaskular. Sehingga penyakit seperti serangan jantung, arteri koroner dapat dicegah. Kandungan lutein ini juga akan menjaga kesehatan arteri dengan mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh plak. 

Baca juga : Obat tradisional untuk jantung tersumbat

  1. Mencegah Penyakit Tumor.

Selanjutnya manfaat hebat selada air dapat ditunjukan dengan adanya kandungan senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) yang juga mampu mencegah penyakit tumor. Senyawa ini akan memberi pasokan darah yang ada dengan cepat ketika sel tumor mulai berkembang. Sehingga hal ini akan menjadikan aktivitas jaringan tubuh tetap dalam kondisi normal serta mampu membawa pembuluh darah yang baru ke tumor. 

  1. Menurunkan Risiko Kerusakan Pada DNA.

Dengan kita mengkonsumsi selada air maka kita akan mendapat manfaat selada air sebagai sayuran yang mampu mengurangi risiko kerusakan DNA dalam sel darah. Selada air akan bekerja melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan DNA.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker.

Adanya kandungan senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) pada selada air, ternyata mempunyai sifat anti kanker yang hebat.  Senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) ini mampu menghambat perkembangan sel kanker payudara. Jika kita rutin mengkonsumsi selada air setiap hari maka kadar trigliserida darah dapat berangsur turun, dan dapat membantu meningkatkan jumlah betakaroten dan juga lutein. 

Baca juga : Makanan pendukung kesehatan payudara

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh.

Mengkonsumsi selada air segar akan memberi banyak manfaat untuk tubuh, sebab didalamnya terdapat asam karbonat atau vitamin C yang jumlahnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran dan buah yang lain. Vitamin C ini akan bekerja sebagai penangkal radikal bebas, mencegah terjadinya kekurangan zat besi, melindungi jaringan ikat dan yang paling penting adalah untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh agar kita dapat terhindar dari infeksi dan segala macam penyakit lainnya. 

  1. Mengurangi Berat Badan dan Kadar Kolesterol.

Dengan sedikitnya jumlah kalori yang disimpan oleh selada air, membuat selada air ini sangat cocok untuk kita konsumsi saat sedang melakukan proses diet. Karena sayuran ini akan mendukung pembentukan berat ideal tubuh kita.  Selain itu, selada air ini juga mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga sayuran ini bisa menjadi rekomendasi bagi kita semua yang menginginkan berat badan ideal dan terhindar juga dari masalah kolesterol.

  1. Menjaga Kinerja Tiroid

Untuk kita yang gemar mengkonsumsi selada air, tentu akan mendapatkan banyak manfaatnya. Salah satunya adalah sebagai pengatur fungsi dari tiroid. Kandungan yodium yang dibawa oleh selada air merupakan salah satumineral penting yang akan berguna untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid. Jika tubuh kita kekurangan zat yodium maka sintesis hormon tiroid akan terganggu, sehingga mengakibatkan masalah gondok atau hipotiroidisme.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer.

Tingginya kandungan vitamin K yang ditemukan dalam selada air akan membantu tubuh agar terhindar dari penyakit alzheimer atau kerusakan saraf otak.

  1. Mengoptimalkan Metabolisme Tubuh.

Untuk manfaat selada air selanjutnya adalah membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Hal ini bisa dilakukan oleh selada air karena adanya manfaat yang disuguhkan oleh kandungan vitamin B kompleks seperti thiamin, asam pantotenat, niacin, vitamin B-6 atau pyridoxine dan juga riboflavin.

  1. Menjaga Fungsi Jantung.

Selada air adalah sayuran yang dilengkapi dengan kekayaan mineral berupa kalsium, kalium, tembaga, magnesium, fosfor dan juga mangan. Kalium disini adalah menjadi salah satu kandungan yang penting dari sel dan cairan tubuh yang akan membatu menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol detak jantung sertatekanan darah.

  1. Membantu Mengatasi Hipertensi.

Manfaat selada air yang kita makan juga berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah. Selada air merupakan salah satu sayuran yang mengandung nitrat sehingga berguna untuk mengurangi tekanan darah, memperbaiki disfungsi endotel, dan menekan agregasi platetet. 

  1. Baik Untuk Sistem Pencernaan.

Didalam selada air tersimpan kandungan klorofil yang jumlanya melimpah. Dan hal ini akan sangat berguna sebagai sumber dari berbagai enzim yang bisa meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan. Enzim akan berperan sebagai pembantu proses penyerapan macam-macam nutrisi dan melancarkan pencernaan.

  1. Mengatasi Diabetes

Kandungan alpha lipoic acid antioksidan pada sayuran selada air ternyata mempunyai peranan yang cukup baik dalam menurunkan kadar glokusa, mencegah oksidatif stres dan juga meningkatkan sensitivitas insulin. 

  1. Melindungi Fungsi Kandung Empedu.

Siapa sangaka bahwa sayuran selada air ini juga bermanfaat untuk  melindungi ketahanan dari fungsi kandung empedu. Kandungan dalam selada air mampu mengurangi pembentukan batu empedu.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang.

Sayuran selada air dapat dikatakan sebagai sumber vitamin K dan juga kalsium. Vitamin K pada selada air bertugas membantu menjaga kesehatan tulang dengan jalan mengaktifkan pembentukan tulang sekaligus menjadikannya semakin kuat dan sehat.

Selada air juga mampu mendukung proses detoksifikasi tubuh, mengatasi depresi, menghilangkan mabuk, membantu meningkatkan daya kognitif, mengurangi risiko penyakit stroke, melindungi kesehatan mata, menjaga kesehatan gigi serta gusi, dan masih banyak lagi manfaat selada air lainnya untuk tubuh kita.

Info kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *