Manfaat minyak kelapa dan cara membuatnya

Posted on

Manfaat minyak kelapa dan cara membuatnya | Minyak kelapa, kita pastinya sudah sangat familiar dengan kelapa, tapi jarang pula sebagian orang mengetahui manfaat minyak kelapa. Loh..kelapa ada minyaknya ? yups..kelapa terkenal dengan istilah tanaman sejuta manfaat dari pohon, jenis kelapapun bermacam-macam seperti kelapa ijo, kelapa gading dan masih banyak lagi. Dari buah sampai ampasnyapun pohon kelapa sangat bermanfaat. Minyak kelapa terkadang di anggap sepele, padahal minyak kelapa memiliki manfaat untuk membantu berbagai macam pengobatan dan juga perawatan. Perlu di ketahui manfaat minyak kelapa sangat populer sekali khususnya di bidang kecantikan dan juga perawatan rambut. Berikut beberapa manfaat minyak kelapa dan juga cara membuat minyak kelapa itu sendiri.

Manfaat minyak kelapa untuk pengobatan dan juga perawatan maslah kecantikan
Manfaat minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Dari beberapa studi menunjukan bahwasannya saat mengkonsumsi minyak kelapa membantu tubuh akan kekebalan terhadap virus dan juga bakteri penyebab penyakit. Saat penderita gula darah mengkonsusmsi minyak kelapa efeknya akan lebih ke arah memperbaiki dalam mengurangi gula darah, karena penggunaan insulin dalam tubuh akan meningkat. Selain dari pada itu minyak kelapa membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan juga meningkatkan fungsi tiroid. Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa yang perlu anda ketahui diantaranya :

  • Manfaat minyak kelapa untuk perawatan kulit

Mengenai perawatan kulit minyak kelapa sudah sangat lama di gunakan oleh nenek moyang kita terdahulu seperti membantu memperbaiki masalah kelainan kulit kering. Bukan hanya itu saat melakukan perawatan minyak kelapa berfungsi sebagai melembabkan kulit kering, mencegah pengelupasan kulit, mengencangkan kulit, mengobati masalah infeksi kulit seperti : dermatitis, eksim, psoriasis dan lain-lain. Maka dari itu dengan manfaat minyak kelapa yang banyak ini beberapa produk kecantikan pun menggunakan bahan ini.

  • Manfaat minyak kelapa untuk jantung

Banyak di kalangan masyarakat bahwasannya minyak tidak bagus untuk jantung, lain halnya dengan minyak kelapa karena minyak kelapa mengandung minyak lemak jenuh yang cukup banyak, minyak kelapa tidak menyebabkan meningkatnya kadar LDL dan mengurangi cedera dan kerusakan pada arteri. Oleh karena itu minyak kelapa membantu dalam mencegah aterosklerosis. Minyak kelapa baik untuk jantung karena mengandung asam larut sekitar 50 persen bermanfaat mebantu kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

  • Manfaat minyak kelapa untuk luka

Penggunaan minyak kelapa seperti saat terkena luka bakar anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada luka tersebut berfungsi agar tidak merusak esetetika kulit. Seperti penggunaan pada luka gores atau pasca khitan gunakan secukupnya.

  • Minyak kelapa membantu mengontrol berat badan

Untuk anda yang dalam masa program diet dapat menggunakan minyak kelapa dengan di campurkan ke dalam minuman teh anda, dalam sebuah studi pun telah mendapatkan penemuan yang di lakukan pada wanita yang memiliki kelebuhan berat badan atau obesitas abdominal. Minyak kelapa sangatlah mudah untuk di cerna selain dari itu minyak kelapa membantu menjaga resistansi insulin.

  • Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Saat menggunakan minyak kelapa pada rambut berfungsi sebagai kondisioner alami sebagai pembantu pertumbuhan rambut kembali yang telah rusak, Minyak kelapa sangat efektif dalam membantu mengurangi hilangnya protein yang bisa menyebabkan rambut tidak sehat, penggunaan minyak kelapa pada rambut juga memberikan efek pertumbuhan rambut yang sehat dan menjadi berkilau. Jadi menggunakan minyak kelapa pada rambut sangat baik karena sebagai nutrisi alami yang bagus cara inilah salah stu yang terkenal di dunia.

Baca juga : Tips merawat rambut yang di anjurkan

  • Manfaat minyak kelapa untuk Energi

Dengan mengkonsumsi minyak kelapa energi pada tubuh akan meningkat, karena kandungan kalori yang cukup tinggi pada minyak kelapa. Nah jika ingin meningkatkan energi tubuh anda silahkan konsumsi minyak kelapa cara ini cara yang bisa di bilang cara herbal dalam meningkatkan energi secara instan.

  • Minyak kelapa meningkatkan sistem imun

Berdasarkan penelitian minyak kelapa mengandung zat yang berfungsi membantu sisitem imun seperti : lipid antimikroba, asam kaprat, asam laurat, dan asam kaprilat yang memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan antivirus. Diketahui juga bahwasannya tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin, dari berbagai penelitian zat yang dihasilkan ini sangat penting untuk membasmi virus dan bakteri yang dapat menjadi penyebab utama penyakit seperti influenza, herpes, dan bahkan HIV.

  • Minyak kelapa untuk infeksi jamur

Kandungan zat asam lemak pada minyak kelapa sebagai fungisida alami bagi tubuh, berfungsi menghentikan perkembang biakan jamur dan membasmi jamur.

  • Minyak kelapa baik untuk kulit kepala

Gunakanlah minyak kelapa di kepala sambil memijat-mijatnya cara ini merupakan pemberian nutrisi alami bagi kulit kepala, agar rambut terbebas dari bakteri dan juga masalah kutu rambut.

  • Manfaat minyak kelapa untuk diabetes

Penggunaan minyak kelapa bagi penderita diabetes berfungsi mengendalikan gula darah dan juga meningkatkan sekresesi insulin pada tubuh dan juga efektif melepaskan glukosa dalam darah, faktor ini sangat penting untuk mencegah dan mengobati diabetes.

Baca juga : Obat Herbal Diabetes alami

Demikian sedikit info manfaat minyak kelapa, namun untuk mendapatkan minyak kelapa anda bisa membelinya di apotik atau toko obat herbal terdekat. Jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah agar yakin akan keasliannya silahkan simak cara membuat minyak kelapa di bawah ini.

Cara membuat minyak kelapa

Pembuatan minyak kelapa tidak sesulit yang anda bayangkan, caranya hanya butuh kesabaran saja dalam memperolehnya. cara – cara membuat minyak kelapa adalah :

  • Membuat minyak kelapa dengan cara merebus

Silahkan anda persiapkan kelapa tua dua buah yang sudah di parut, ambil air hangat sekitar empat gelas untuk mencampurkan kelapa parut tadi, buatlah santan dengan cara memeras parutan kelapa, kemudian saring hingga tersisa air santan saja. Persiapkan wadah untuk merebus santan dengan menggunakan api sedang, saat merebus aduk-aduk santan tersebut selama satu jam hingga krim santan berubah warna menjadi kecoklatan terpisah dari minyak kelapa. Tiriskan krim kecoklatannya juga nikmat untuk di konsumsi.

  • Membuat minyak kelapa dengan cara di dinginkan

Persiapkan kelapa tua 2 butir, potong-potong kecil, kemudian di keringkan bisa juga di jemur. Setelah kering gunakan juicer atau blender dalam pemisahan minyaknya, lakukan proses juicer sebanyak dua kali agar benar-benar terpisah minyak dan ampasnya. tuang hasil juicer dalam toples, diamkan selama satu hari pada suhu hangat. dan minyak kelapa akan berada pada posisi atas dan ampas berada di bawah.

  • Membuat minyak kelapa dengan cara Blender

Caranya hampir sama seperti cara-cara juicer, namun cara ini anda memblender kelapa tua dengan di beri sedikit-sedikit air agar proses blender lebih cepat, ulangi proses blender sampai 2X kemudian saring hasil blender tersebut letakan di dalam wadah toples dan di dalam ruangan suhu dingin atau di lemari es biarkan selama seharian 24 jam, setelah muncul dadih dalam toples pisahkan antara minyak dan dadih, anda dapat membiarkan minyaknya di dalam toples tersebut hanya dadih yang di keluarkan.

 

2 thoughts on “Manfaat minyak kelapa dan cara membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *