Manfaat kulit pohon mangga untuk obat herbal ampuh

Posted on

Manfaat kulit pohon mangga untuk obat herbal ampuh | Buah mangga merupakan buah yang tidak asing lagi di mata dan telinga kita, buah yang memiliki bermacam-macam jenis ini memiliki fans yang sangat banyak di dunia ini, dari rasanya yang manis, asam segar ini dapat di olah berbagai minuman segar dan makanan dengan rasa manga. Buah mangga selain dari buah yang kita ketahui namun siapa sangka manfaat kulit pohon mangga juga dapat kita rasakan sebagai obat herbal bahkan sebagai penjagaan kondisi tubuh.

manfaat kulit pohon mangga

Kandungan gizi buah mangga

Buah mangga memiliki kandungan  dari berbagai zat gizi seperti karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, vitamin A, β-karoten, thiamine (vit. B1), riboflavin (vit. B2), niacin (vit. B3), asam pantotenat (B5), vitamin B6, folat (vit. B9), vitamin C, kalsium, besi, magnesium, fosfor dan kalium seng. Tak hanya buahnya saja yang mengandung berbagai zat gizi, mulai dari kulit batang, biji, kulit buah, hingga daun mangga juga memiliki kandungannya masing-masing.

Apa saja manfaat pohon mangga lainnya :

  • Daun mangga untuk obat diabetes

Manfaat daun mangga disini kita pakai mangga arumanis khususnya dalam pengobatan tradisional juga digunakan sebagai anti diabetes. Dari hasil penelitian menunjukkan ekstrak air daun mangga arumanis mempunyai potensi sebagai penurun kadar gula dalam darah karena mampu mengurangi absorpsi glukosa pada saluran pencernaan seperti mekanisme obat anti diabetes chlorproamide. Flavonoid dari mangga arumanis memiliki aktivitas sebagai penghambatan terhadap enzim superoksida dismutase SOD, katalase, glutation peroksidase, dan glutation reduktase dan juga mengurangi kadar peroksida lipid sehingga berpotensi mengatasi hiperkolesterol anda. Itulah manfaat kulit pohon mangga dari segi daunnya. sebaiknya mengonsumsi buah mangga secukupnya dan jangan berlebihan

manfaat daun mangga

  • Manfaat Kulit pohon mangga sebagai anti inflamasi

Ekstrak air kulit pohon mangga arumanis  di Kuba di pakai dalam skala industri sebagai suplemen, kosmetik, dan obat herbal terutama untuk memperbaiki keadaan atau pemulihan pasien yang menderita stress, dan di India, esktrak kulit pohon mangga banyak digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Dari beberapa penelitian bahwasannya ekstrak kulit pohon mangga memiliki aktivitas sebagai antiviral, antibakteri, anti inflamasi, antihelmintik, anti alergi. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak mangga arumanis berpotensi sebagai anti inflamasi yang hampir sama dengan kemampuan indomethacin dan sodium naproxen. Ekstrak kulit batang pohon mangga arumanis pada hal tertentu juga memiliki aktivitas antioksidan, dapat mencegah terbentuknya radikal bebas, mencegah kerusakan jaringan akibat reaksi oksidasi, menghambat kerusakan DNA dan melambatkan peroksidasi pada otak secara in vitro (pengujian di laboratorim). Ekstrak etanol kulit batang pohon mangga sebagai imunostimulan. Esktrak air kulit batang pohon mangga juga untuk mengatasi penyakit imunopatologik yang dikarakterisasi oleh hiperaktivasi sel-sel pagositik seperti kelainan autoimun. Flavonoid dari ekstrak tersebut juga memiliki potensi sebagai penurun kadar lipid dalam serum dengan mencegah pembentukkan kolesterol.

Baca juga : Obat herbal kolesterol yang bagus

  • Buah mangga memiliki antioksidan

Menkmati buah mangga dengan berbagai bentuk makanan juga dapat di variasikan dari buah mangga muda contohnya dapat di jadikan manisan dan buah mangga yang sudah masak dapat di nikmati secara langsung,  daging buah mangga cukup baik jika dikonsumsi, karena salah satu sumber antioksidan yang mengandung senyawa fenolik, karotenoid, β-karoten dan asam askorbat, Vitamin C sebagai anti oksidan.

manfaat buah mangga

  • Biji mangga untuk anti bakteri

Dari berbagai manfaat mangga kita juga dapat memanfaatkan biji mangga, di ketahui ekstrak ethanol biji buah mangga memiliki khasiat antibakteri, Ekstrak biji mangga juga memiliki khasiat anti diare sebagai penghambat bakteri. Sumber: Sehat Alami Dengan Herbal oleh Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB & Gagas Ulung, 2014

Dari berbagai manfaat buah mangga diatas masih banyak lagi yang harus kita ketahui dalam segi kesehatan dan pengobatan diantaranya :

  • Buah mangga sebagai penurun kolesterol 

Bagi Anda yang meiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat mengkonsumsi buah mangga, karena kandungan serat di dalam buah mangga cukup tinggi bisa melindungi tubuh dari permasalahan saluran pencernaan. Selain itu, kandungan serat manga yang tinggi juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  • Buah mangga sebagai pencegah penyakit usus besar

Perlu di ketahui di dalam buah mangga terdapat senyawa yang dapat mencegah penyakit parah seperti penyakit kanker usus besar, leukemia, dan penyakit prostat. buah mangga juga dapat melindungi tubuh dari resiko penyakit lainnya.

  •  Buah mangga pencegah panas dalam

Dengan cara mengonsumsi buah mangga dapat mengurangi panas dalam dan juga dapat mengurangi resiko terkena panas dalam, hal ini biasanya terjadi saat perubahan cuaca dan kondisi cuaca panas.

  • Kandungan vitamin A buah mangga agar mata jernih

kandungan vitamin A pda buah mangga dapat digunakan untuk menjernihkan mata kita. selain dari itu jika mengkonsumsi buah mangga dapat mencegah mata menjadi kering.

Demikianlah sedikit informasi manfaat kulit pohon mangga dan juga biji buah mangga, semoga menjadi referensi anda dalam menjaga kesehatan dan pengobatan.

Info kesehatan dan klinik kesehatan yang terpercaya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *