manfaat biji rambutan
Biji rambutan

Gara-gara Biji rambutan diabetes dapat teratasi

Posted on

Obat diabetes alami | Buah rambutan yang kita konsumsi sering kali kita mengabaikan bijinya padahal biji rambutan tersebut sangatlah berguna untuk membantu untuk mengatasi masalah diabetes. Khasiat dari biji rambutan sesuai hasil penelitian oleh ahli gizi Pram Pramono bahwa ekstrak methanol pada biji rambutan mengandung :

Kandungan Biji rambutan

  • senyawa falvonoid dan
  • fenolik.

Ekstrak methanol tersebut mengandung senyawa yang terdiri dari 5 fenolik (flavonoid) dan 1 fenolik bukan flavonoid. Manfaat dari ekstrak methanol tersebut mempunyai aktivitas hipoglikemik jadi berpotensi membantu pasien yang mengidap diabetes. Selain itu biji rambutan juga dipercaya bisa mengobati sakit pinggang.

Baca juga obat tradisional untuk jantung tersumbat

manfaat biji rambutan
Biji rambutan

Dari pohon sampai buah, rambutan memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, fosfor, besi, vitamin C dan kalsium. Kulit buahnya mengandung tannin dan saponin. Bijinya mengandung polifenol dan lemak, kulit batangnya mengandung tannin, flavonoid, saponin, zat besi dan pectic substance. Sedangkan daun rambutan mengandung saponin dan tannin. Di dalam buah rambutan tersimpan khasiat sebagai obat yang tidak ternilai harganya. Menurut kajian pakar tanaman obat setiap 100 gram mengandung 69 kalori, 58 mg vitamin, dan 18,1 gram karbohidrat. Buah rambutan juga memiliki kadar serat yang cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Dengan banyaknya kandungan di dalam rambutan, akan cocok bagi kesehatan dan bagi orang – orang yang tengah berdiet.

Berikut ini Beberapa manfaat dari rambutan khususnya Biji rambutan yaitu :

Obat Diabetes dengan biji rambutan

  • Persiapkan 5 biji rambutan
  • Kemudian di goreng sangrai sampai berwarna kecoklatan tunggu sampai dingin kemudian
  • Tumbuk atau di blender biji rambutan yang telah di sangrai sampai halus menyerupai bubuk
  • Setelah itu, seduh bubuk biji rambutan dengan air panas, biarkan seduhan tersebut dingin dan air terpisah dari ampasnya
  • Minum hasil seduhan tadi satu sampai tiga kali sehari, 30 menit sebelum makan
  • Konsumsilah secara rutin setiap hari jika penyakit diabetesnya parah

Ingat Silahkan kurangilah konsumsi atau ketergantungan kepada insulin dan obat-obatan farmasi.Penyakit diabetes biasanya membuat penderitanya khawatir apabila melihat penurunan berat badan ,tapi jangan khawatir itu merupakan suatu cara isyarat tubuh kepada otak agar kita bisa merubah gaya hidup dan pola makan kita sehari-hari. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *