Daun Miana untuk Wasir

Posted on

Daun Miana untuk Wasir | Khasiat daun miana sangatlah banyak, seperti membantu mengatasi diabetes, batuk, sakit perut dan mules dan salah satunya adalah untuk mengobati wasir. Tanaman Obat keluarga daun miana untuk wasir kali ini dapat dibuat dengan mudah untuk atasi wasir. Daun ini bisa di konsumsi dengan aman sebagai obat herbal. Penyakit wasir yang selalu mengganggu dapat di lakukan pengobatannya dengan ramuan herbal ini.

Daun miana untuk wasir yang mudah di buat

Mengkonsumsi miana merupakan salah satu solusi bagi mereka yang menderita penyakit wasir atau ambeien. Melakukan pengobatan dengan segera bagi penderita wasir sangatlah penting, jika hal ini di biarkan terlalu lama wasir atau ambeien dapat menjadi parah. Masalah radang dan juga pembengkakan pada wasir bisa bertambah besar. Saat membesarnya benjolan wasir pasti akan membuat si penderita tidak nyaman melakukan aktifitasnya terutama saat kondisi duduk.

Ciri-ciri daun miana

Sebelum mengkonsumsinya alangkah baiknya anda ketahui terlebih dahulu tentang tanaman ini, Tanaman yang sering di jadikan sebagai penghias halaman rumah ini memiliki nama ilmiah coleus scutellarioides. Ciri cirinya yaitu memiliki bentuk daun yang mirip seperti telur,dan memiliki bentuk oval. Tanaman miana ini termasuk dalam tanaman berbatang basah dan dapat tumbuh hingga ketinggian satu meter. Warna daunnya cukup beraneka ragam, ada yang berwarna merang, ungu terung, dan juga ada yang berwarna kuning.

Kandungan daun miana

Kandungan senyawa yang di milikinya adalah baik dari daun yang berwarna merah, ungu, atau kuning. Secara umum kandungan daun ini meliputi steroid, alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, dan minyak astiri. Banyaknya senyawa kimia dalam membuat efek samping yakni berefek farmakologis. Miana bisa menjadi zat anti malaria, penambah darah, penambah nafsu makan, hingga terapi penyakit jantung. Dalam hal ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat daun miana. Flavonoid memiliki peran sebagai antibiotik sera bioaktifitas. Flavonoid pula yang memberikan warna untuk miana. Maka dari itu tanaman ini ada yang merah, kuning, dan yang cukup banyak adalah miana ungu. Flavonoid dalam miana diketahui merupakan antibiotik alami yang bisa mencegah kanker. Selain untuk pengobatan penyakit wasir, flavonoid yang terkandung juga memiliki banyak khasiat. Flavonoid dapat meningkatkan dan membantu kerja vitamin C. Senyawa flavonoid juga bersifat anti inflamasi yang baik untuk penyakit atau peradangan. Antibiotik alami ini juga memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Baca juga : Manfaat herbal daun miana yang mengejutkan

Cara membuat ramuan obat wasir dari daun miana

Bagi penderita wasir kebanyakan lebih memilih menggunakan obat herbal untuk membantu mengobati wasir. Ada obat herbal yang mudah dan bisa dibuat sendiri di rumah. Pengobatan herbal penyakit wasir menggunakan miana ungu. Caranya adalah :

  • Ambilah daun miana segar sekitar 20 lembar.
  • Kemudian Cuci daun miana hingga bersih dengan air mengalir
  • Setelah itu haluskan dengan menumbuknya
  • Setelah halus rebuslah tumbukan daun miana tadi dengan 5 gelas air hingga mendidih. agar rasa yang tidak enak dapat tersamarkan, anda dapat mencampurkan kunyit. Penggunaan kunyit juga ditumbuk dan direbus secara bersamaan dengan miana.
  • Konsumsilah air rebusan daun mianan secara rutin sehari sekali sampai sembuh

Dalam pencegahan masalah wasir anda dapat memperbaiki pola hidup agar lebih sehat. Perbanyaklah minum air putih danrutin untuk olah raga. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Miana hanya di gunakan sebagai pertolongan ringan saja. Untuk kondisi yang sudah parah, akan lebih baik jika menggunakan tenaga medis untuk penanganannya. Demikian sedikit info pengobatan wasir dengan daun ini semoga menjadi referensi anda dalam penyembuhan wasir.

Info kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *