Daun kersen memiliki efek samping benarkah

Posted on

Daun kersen memiliki efek samping | Taukah anda tanaman kersen, tanaman yang  mudah sekali kita jumpai di sekitar luar pekarangan rumah yang seringkali di jadikan tanaman peneduh, apalagi di perumahan-perumahan baru. Bukan hanya itu tanaman kersen atau biasa disebut dengan pohon ceri ini biasanya bisa tumbuh subur tanpa dipelihara ditengah-tengah petani palawija. Kersen mengandung nutrisi seperti flavonoid, vitamin C yang cukup tinggi, zat alkaloid, protein, anti oksidan, anti inflamasi, anti kanker, anti tumor, protein, kalsium, zat besi, karbohidrat dan serat. Kandungan yang ada pada daun kersen bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes, mengurangi kadar kolesterol, bahkan dapat memperkuat otot jantung. Hal ini dikarenakan setiap kandungan yang ada pada tanaman kersen bisa bermanfaat bagi tubuh.

Daun kersen yang memiliki efek samping harus anda ketahui

Daun kersen dapat dirasakan manfaatnya jika diolah secara baik dan dikonsumsi dengan anjuran sang ahli sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun kerap kali banyak yang mengolah tanaman ini dengan sembarangan sehingga manfaatnya tidak diperoleh. Untuk itu, wajib di ketahui terlebih dahulu bagaimana mengolah daun kersen dengan baik sebelum mengkonsumsinya dan juga konsultasikan dengan dokter bagi kebutuhan tubuh terhadap tanaman ini. Apabila terjadi kesalahan dalam mengolahnya, akan menimbulkan efek samping yang merugikan tubuh bahkan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran.

Baca juga : Manfaat buah kersen sebagai obat herbal alami

Berikut ini efek samping tanaman kersen yang berbahaya bagi tubuh yang perlu diketahui.

  • Sakit perut 

Baiknya jauhi mengkonsumsi daun kersen pada anak-anak. Hal semacam ini karna dapat menyebabkan anak alami masalah lambung. Keadaan ini dipicu karna asam lambung yang bertambah karena daun ini yang masuk pada badan. Tambah baik jauhkan olahan tanaman ini dari anak-anak untuk melindungi kesehhatan badan anak

  • Keguguran 

Tidak disarankan daun kersen dikonsumsi oleh ibu hamil. Terkecuali beresiko untuk janin, jika dikonsumsi periode panjang dapat menyebabakan seorang kehilangan nyawa janin. Selalu kerjakan kontrol untuk melindungi janin dan kesehatan ibunya.

  • Masalah ginjal 

Ginjal dapat alami masalah jika mengkonsumsi daun kersen tidak cocok yang sudah diberlakukan pakar gizi. Baiknya daun ini dikonsumsi sesuai sama saran dokter. Hal semacam ini pastinya untuk kurangi kemungkinan masalah penyakit ginjal.

  • Masalah liver hati 

Bila Anda mempunyai masalah kesehatan pada liver atau tengah melakukan therapy dianjurkan tidak konsumsi daun kersen. Karna resikonya yang diakibatkan bisa jadi memperburuk keadaan hati serta perlambat pengobatan.

  • Alergi 

Rebusan daun kersen dapat menyehatkan badan manusia bila pemakaiannya tidak lebih dari dari keperluan badan. Tetapi, untuk beberapa orang daun kersen dapat menyebabkan alergi yang diikuti dengan keluar ruam kulit kemerahan. Baiknya kerjakan aksi eksperimen kersen dalam periode pendek untuk ketahui badan Anda alergi pada tanaman ini atau tidak.

  • Mual serta Muntah 

Jika Anda mempunyai penyakit lambung yang peka serta alami asam lambung baiknya jauhi rebusan daun kersen. Karna bila dipaksakan konsumsi daun kersen dapat menyebabkan kemungkinan mual serta muntah.
Beresiko untuk ibu hamil. Baiknya bila anda tengah melakukan sistem kehamilan, untuk melindungi perubahan badan janin janganlah konsumsi tanaman kersen. Hal semacam ini pasti agar tidak mengakibatkan penyakit pada janin yg tidak diinginkan. Jika tetaplah menginginkan konsumsi baiknya pakai resep dokter.

Demikian sedikit info mengenai resikonya tanaman kersen yang beresiko untuk badan yang harus Anda kenali. Mudah-mudahan info diatas bermanfaat untuk Anda serta keluarga dalam mengetahui dunia farmasi yang terkait dengan beberapa bahan di dalamnya. Info ini dapat juga Anda katakan pada kebanyakan orang di sekitaran Anda.

Di bawah ini info kesehatan lainnya yang perlu di ketahui :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *